Menurut
Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki
fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan
ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan
manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional,
serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Peran
koperasi dalam memajukan perekonomian masyarakat dari dulu hingga saat
ini sangat lah banyak. Karena masyarakat dapat meminjam atau berdagang
pada koperasi tersebut. Bukan hanya itu saja peranan yang dilakukan
koperasi juga dapat membantu Negara untuk menggembangkan usaha kecil yang ada
dalam masyarakat.
Peranan
koperasi dalam perekonomian Indonesia adalah :
1.
Alat
pendemokrasi ekonomi
2.
Alat
perjuangan ekonomi untuk mempertinggi kesejahteraan rakyat
3.
Membantu
pemerintah dalam mengelola cabang-cabang produksi yang tidak menguasai hajat
hidup orang banyak
4.
Sebagai
soko guru perekonomian nasional Indonesia (tiang utama pembangunan ekonomi
nasional)
5.
Membantu
pemerintah dalam meletakkan fondasi perekonomian nasional yang kuat dengan
menjalankan prinsip-prinsip koperasi Indonesia
Peran Koperasi diberbagai
Keadaan Persaingan
1. Di Pasar Persaingan
Sempurna
Ciri-ciri pasar
persaingan sempurna :
- Adanya penjual dan
pembeli yang sangat
banyak
. Produk yang dijual
perusahaan adalah
sejenis (homogen)
. Perusahaan bebas untuk
mesuk dan keluar
. Para pembeli dan
penjual memiliki informasi
yang sempurna
2.Di Pasar Monopolistik
-Banyak pejual atau
pengusaha dari suatu produk yang beragam
. Produk yang dihasilkan
tidak homogen
. Ada produk
substitusinya
. Keluar atau masuk ke
industri relatif mudah
. berbeda-beda sesuai
dengan keinginan penjualnya
3.Di Pasar Monopsoni
-Disini ada penjual banyak tetapi hanya ada satu
Pembeli.
4.Di Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual)
yang menguasai pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar
oligopoli yaitu strategi
harga dan nonharga.
Untuk menghindari perang
harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar
dengan cara melakukan kegiatan advertensi,
membedakan mutu dan bentuk
produk.
• Penawaran Harga yang
bersifat Predator
• Price Leadership
Sejauh mana koperasi berperan aktif dipasar persaingan sempurna,
monopolistik, monopsoni, oligopilo?
1. Pada pasar persaingan sempurna : dimana biaya produksi akan
dapat diminimumkan berdasakan skala ekonomi, baik sebagai koperasi produsen
maupun sebagai koperasi konsumen
2. Pada pasar monopolistik : disini koperasi harus mampu
menghasilkan produk yang sangat berbeda dengan yang dihasilkan oleh pengusaha
lain, jika koperasi ingin memaksimumkan keuntungannya di dalam pasar ini. Hal
tersebut dikarenakan diferensiasi produk yg ada di pasar monopolistic.
3. Pada pasar monopsoni : koperasi berperan sebagai pembeli
tunggal atas barang atau jasa di dalam pasar, sama halna dengan pengusaha yang
berkecimpung di dalam pasar ini, dan tidak bisa mempengaruhi harga.
4. Pada pasar oligopoli : di pasar oligopoli ini koperasi
berperan sebagai pengecer (retailer), karena untuk terjun ke pasar diperlukan
modal yang tinggi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar