Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasianproduk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilakukonsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
1. Pengenalan masalah (problem recognition). Konsumen akan membeli suatu produk sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapinya. Tanpa adanya pengenalan masalah yang muncul, konsumen tidak dapat menentukan produk yang akan dibeli.
(1)Faktor Budaya
Budaya adalah sekumpulan nilai, norma, dan symbol yang memilikiarti, yang membentuk perilaku manusia dan hasil karya serta diturunkan darisatu generasi ke generasi berikutnya. Misalnya: bayi panas dipersepsikan mautumbuh gigi, diare dipersepsikan mau bisa jalan, atau meninggal di puskesmasdidenda satu kerbau. Semuanya adalah contoh negatif.Jadi pada intinya budaya terbangun dari perilaku umum dan sikap mental baikindividu maupun kelompok
(2)Faktor Sosial
Faktor sosial yang memengaruhi keputusan membeli dibedakanmenjadi faktor kelompok referensi, opini pemimpin, dan anggota keluarga.
a.Kelompok referensi
Kelompok referensi adalah kelompok masyarakat yangmemengaruhi perilaku seseorang untuk membeli. Tokoh masyarakatadalah contoh referensi tidak langsung dan aspirasi. Oleh karena itu, promosi pada kelompok ini sangat menentukan keberhasilan pemasaran.Kelompok referensi bertindak sebagai sumber informasi dan memengaruhi persepsi pembeli atau pengguna secara langsung. Kelompok referensilangsung dapat dikategorikan sebagai initiator, influencer, dan decider.Mereka memengaruhi pembeli secara tidak langsung melalui tingkataspirasi individu.
b.Opini pemimpin
Seseorang dapat memengaruhi opini orang lain. Tokoh masyarakatdapat memengaruhi opini orang untuk membeli.
c.Anggota keluarga
Dalam sebuah keluarga, seseorang dapat berperan sebagai initiator,influencer, pengambil keputusan, serta pembeli dan atau pengguna. Orangtua sanagt menentukan siapa yang menolong persalinan anaknya.
(3)Faktor Karakteristik Individu
a.Jenis Kelamin
Ada perbedaan tertentu antara wanita dan laki-laki, khususnyadalam pemilihan baju dan mode. Demikian pula dalam hal lain ada banyak perbedaan kebutuhan, keinginan dan harapan.
b.UmurKebutuhan,keinginan dan harapan seseorang dipengaruhi umur pula. Kebutuhan demikian terlihat jelas pada hal tertentu. Penyakitdegenerative banyak dijumpai pada kelompok umur diatas 50 tahun.
c.Kepribadian dan Gaya HidupKepribadian memengaruhi keputusan membeli. Kepribadianagresif akan cenderung memilih penampilan agresif pula. Dalam pemasaran kepribadian dipelajari untuk memeroleh informasi kepribadianyang mencerminkan perbedaan individu, kepribadian yang konsisten danstabil, dan kepribadian yang dapat diubah.
(4)Faktor Psikologi
Ada empat komponen utama faktor psikologi yang memengaruhikeputusan membeli, yaitu persepsi, motivasi, pembelajaran, serta sikap dankeyakinan.
a.Persepsi
Persepsi adalah suatu proses ketika seseorang memilih,mengorganisasi, dan menginterpretasikan suatu stimulus menjadi suatugambaran yang berarti dan konsisten dengan apa yang telah menjadi cara berpikirnya. Persepsi dapat didefinisikan seperti “how we see the world around us”. Dua orang yang mendapatkan paparan sama, bisa memiliki persepsi berbeda. Hal ini sangat ditentukan oleh kebutuhan, nilai, danharapannya. Paparan sifatnya intangible.
b. Motivasi
Abraham Maslow membagi lima tingkatan faktor motivator, yaitu psicologica needs , sebagai tingkat motivasi paling bawah dan Selfactualization sebagai itngkat motivasi tertinggi. Secara teoritis bilamotivasi telah terpenuhi, maka faktor motivasi akan naik ke tingkat lebihtinggi.Motivasi memiliki elemen atau unsur yang disadari dan alam bawah sadar manusia yang justru dapat memotivasi manusia Karenamanusia tidak selalu berpikir rasional dan matematis. Setiap orang pastidimotivasi sesuatu, kecuali orang mati.Teori motivasi A. Maslow dan Mc Cleland paling cocok untuk pemasaran karena membahas orang sukses dan memang tidak secarakhusus membahas dunia kerja. Minuman ringan mencerminkan minumakesukaan anak muda yang sedang menikmati bersama-sama.
SUMBER:
http://liarahmadanii.blogspot.com/2013/10/proses-pengambilan-keputusan-konsumen.htmlhttp://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumenhttp://taklelahbelajar.wordpress.com/2013/10/28/tahapan-proses-pengampilan-keputusan-konsumen/http://www.academia.edu/6327232/4._MAKALAH_PERRILAKU_DAN_KEPUASAN_KONSUMEN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar